Review Magic Mouse


Mighty Mouse yang kini dikenal dengan Apple Mouse memang memiliki kelemahan utama yaitu pada trackball yang setelah penggunaan setelah sekian waktu akan menjadi macet karena kotor. Keindahan Mighty Mouse hilang tatkala kita harus membongkar untuk membersihkan trackball, sedangkan bagian bawah yang sudah kita bongkar tidak dapat kembali seperti semula.
Ketika Magic Mouse hadir di Amerika, saya sendiri langsung mencari-cari referensi dan review pengguna Magic Mouse disana. Banyak yang mengaku puas, namun banyak pula yang mengeluh karena performa Magic Mouse tidak seperti harapan mereka. Setelah sekian lama mempertimbangkan, akhirnya saya membeli juga Magic Mouse melalui Apple Store.
Minggu lalu, Magic Mouse tiba dan langsung saya coba. Seperti sahabat lama, begitu mencoba saya langsung akrab dan tidak merasa canggung untuk mempergunakannya. “Mouse yang keren” gumam istri saya ketika ia melihat Magic Mouse. Setelah seminggu mencoba, saatnya untuk memberikan review.

Material
Bagian atas Magic Mouse terdiri dari kaca fiber bening dengan dasar warna putih dan logo apple pada bagian pangkalnya. Sedangkan pada bagian dasar, berupa alumunium, dengan tombol on off dan tombol untuk membuka batere.

Bentuk
Di review yang saya baca, banyak orang mengeluhkan bentuk Magic Mouse yang terlalu kecil dan datar (kemungkinan tangan orang Amerika lebih besar daripada tangan orang Asia).
Namun, semua itu bukan tanpa pemikiran dari sang pembuatnya. Secara dimensi, panjang dan lebar Magic Mouse dari Mighty Mouse sepintas sama, namun dari ketinggian berbeda, Magic Mouse terlihat lebih pipih dan datar daripada Magic Mouse yang bulat.
Bentuk pipih ini, setelah saya pergunakan selama 1 minggu, ternyata memiliki kegunaan, bentuk pipih memberikan ruang lebih luas bagi jari untuk melakukan gerakan-gerakan dengan 1 jari, 2 jari, bahkan 3 jari sekaligus untuk memberikan perintah.

Konektifitas
Pada Mighty Mouse yang lalu, saya sering sekali mengalami konektifitas yang terputus setelah beberapa jam, yang harus di hubungkan kembali secara manual. Memang tidak sering, tapi cukup mengganggu.
Menggunakan Magic Mouse sepertinya masalah itu tidak terjadi lagi, saya tidak pernah mengalami koneksi terputus antara MacBook Pro saya dan Magic Mouse.

Tracking dan Scrolling
Tracking kursor pada Magic Mouse sepertinya mengalami peningkatan daripada Mighty Mouse, pada Magic Mouse kursor dapat digerakan lebih halus dan lebih cepat. input-input perintah tidak mengalami lag.
Pada System preferences mouse, pada opsi “Scroll” terdapat opsi “With Momentum” momentum ini memberikan efek smooth scroll, efeknya seperti anda menggeserkan benda di dataran yang licin, makan benda itu akan berhenti secara perlahan. Efek Momentum ini sangat bermanfaat bila anda menemui halaman web yang panjang dan memerlukan scrolling yang cepat. Namun ada kelemahannya, terkadang Momentum ini mengenali gerakan-gerakan halus pada mouse sebagai perintah, sehingga terkadang, halaman web menjadi seperti bergerak sendiri. Bila ini mengganggu Anda, non aktifkan fitur Momentum ini.

Software
Banyak yang mengeluhkan hilangnya fungsi Squeeze pada Magic Mouse, namun dengan bantuan BetterTouchTool perintah-perintah untuk membuat shortcut menjadi lebih banyak dan variatif. Tidak hanya 1 jari, 2 jari, bahkan 3 jari dapat memberikan perintah sesuai dengan keinginan anda. Mungkin ada baiknya bila pada update Mac OSX selanjutnya, setingan Magic Mouse diperkaya perintah-perintah seperti pada perintah BetterTouchTool.
Bagi Anda yang kidal, dapat dengan mudah mengatur Magic Mouse supaya lebih bersahabat dengan tangan kiri melalui System Preferences.

Batere
Magic Mouse sudah terdapat sepasang Batere didalamnya, ketika saya pergunakan seminggu yang lalu, batere masih ada di level 100%, ketika artikel ini ditulis (kurang lebih 6 hari kemudian) Level Batere berada di 88%. Saya menggunakan hampir 10 jam sehari Magic Mouse ini. Bila pemakaian konstan, diperkirakan batere akan habis pada umur 2-3 bulan.
Menurut Apple, Magic Mouse dapat berjalan dengan baik pada 10.5.8 dan 10.6.2, dan bahkan tidak dapat dipergunakan di OSX Tiger.

Source: Make Mac

0 comments:

Post a Comment

About this blog

This blog are containing about my favorite gadget - APPLE.

Find..